Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sindroma Dispepsia Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sindroma Dispepsia Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Dispepsia merupakan kumpulan gejala berupa keluhan nyeri, perasaan tidak enak perut bagian atas yang menetap atau episodik disertai dengan keluhan seperti rasa penuh saat makan, cepat kenyang, heartburn, kembung, sendawa, anoreksia, mual, muntah. Banyak faktor yang mempengaruhi sindroma disepsia, diantaranya adalah tingkat stres, keteraturan makan, makanan dan minuman iritatif, dan riwayat penyakit (gastritis atau ulkus peptikum). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara jalur reguler angkatan 2008-2011 sebanyak 291 orang.

Sedangkan sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random Sampling yaitu sebanyak 74 orang. Instrumen pengumpulan data disusun dalam bentuk kuesioner yang dikembangkan sendiri oleh peneliti menggunakan skala Likert dan skala Guttman untuk kuesioner sindroma dispepsia. Data penelitian dianalisa dengan analisa univariat, bivariat dan multivariat. Analisis univariat dengan mendeskripsikan karakteristik masing-masing variabel penelitian.

Uji bivariat menggunakan uji korelasi Chi Square dan analisa multivariat menggunakan uji regresi logistik ganda model prediksi. Hasil analisa Chi Square didapatkan nilai p value < 0,05 untuk masing-masing variabel. Ini berarti semua faktor memiliki hubungan yang bermakna dengan sindroma dispepsia. Hasil analisa menggunakan regresi logistik ganda model prediksi didapatkan bahwa tingkat stres memberikan pengaruh terbesar terhadap sindroma dispepsia dimana nilai OR tingkat stres adalah 10,068, berarti mahasiswa yang mengalami stres sedang 10 kali lebih besar menderita sindroma dispepsia dibandingkan dengan mahasiswa yang mengalami stres ringan setelah dikontrol keteraturan makan dan makanan/minuman iritatif.

Penelitian selanjutnya diharapkan memaparkan lebih banyak lagi faktor-faktor yang mempengaruhi sindroma dispepsia, seperti infeksi bakteri Helicobacter pylori, Indeks Massa Tubuh (IMT), dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar