Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Hubungan Kecepatan Membaca dan Pemahaman Isi Bacaan dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Keperawatan Universitas Sumatera Utara

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Kecepatan Membaca dan Pemahaman Isi Bacaan dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Indeks prestasi merupakan angka yang mencerminkan prestasi keberhasilan mahasiswa dalam belajar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi indeks prestasi namun dalam penelitian ini hanya difokuskan pada kecepatan membaca dan pemahaman isi bacaan.

Penelitian ini bertujuan mencari hubungan antara kecepatan membaca dan pemahaman isi bacaan dengan indeks prestasi, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mencari prediksi indeks prestasi dari kecepatan membaca dan pemahaman isi bacaan. Populasi penelitian adalah mahasiswa keperawatan jalur A stambuk 2010 yang berjumlah 137 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan totally sampling.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi yang mana penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk tes. Data-data penelitian dianalisa dengan uji kolerasi dan regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh (1) terdapat hubungan yang sangat lemah antara kecepatan membaca dengan indeks prestasi berdasarkan nilai p= 0,031 dan r=0,162; (2) terdapat hubungan yang lemah antara pemahaman isi bacaan dengan indeks prestasi berdasarkan nilai p= 0,000 dan r=0,296; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecepatan membaca dan pemahaman isi bacaan dengan indeks prestasi berdasarkan persamaan Y= 2,871+ 0,001X1+0,063X2.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa indeks prestasi dapat dioptimalkan dengan meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman isi bacaan. Untuk itu diperlukan strategi khusus untuk meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman isi bacaan mahasiswa keperawatan USU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar