Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Kualitas Tidur dan Faktor-faktor Gangguan Tidur pada Penderita Hipertensi

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Kualitas Tidur dan Faktor-faktor Gangguan Tidur pada Penderita Hipertensi. Hipertensi merupakan masalah yang cukup serius dimana prevalensinya mencapai 15-20% pada orang dewasa. Hipertensi sering disebut sebagai silent killer karena jarang menimbulkan gejala dan ini menjadi salah satu hal yang menyebabkan hipertensi menjadi masalah yang cukup serius.

Terlebih lagi hipertensi dapat menyebabkan gangguan tidur pada penderitanya yang mempengaruhi kualitas tidurnya. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh banyak peneliti bahwa kualitas tidur yang buruk dan gangguan tidur akan berpengaruh pada menurunnya produktivitas seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas tidur dan faktor-faktor gangguan tidur pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Medan Johor.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang penderita hipertensi yang bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas Medan Johor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari data demografi responden, kualitas tidur dan faktor-faktor gangguan tidur pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Medan Johor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden tidak dapat tidur dengan baik yang dapat dilihat dari total waktu tidur pada malam hari 5-6 jam (37%), lama waktu yang dibutuhkan untuk tertidur 31-60 menit (37%) dan frekuensi terbangun 1-2 kali (60%). Dan mayoritas responden mengalami faktor-faktor ganggguan tidur baik fisik seperti pusing (86%), rasa tidak nyaman (83%), sulit bernafas (37%) , sukar tidur (60%), mudah lelah (80%); maupun faktor lingkungan seperti kebisingan (57%), sorot lampu ruangan yang terlalu terang (43%) dan suhu ruangan yang terlalu panas (77%). Sehingga diperlukan adanya penanganan untuk mengatasi kualitas tidur yang buruk dan fakor-faktor gangguan tidur pada penderita hipertensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar