Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Pengaruh Teknik Hypnobirthing Terhadap Lamanya Proses Persalinan Di Klinik Sumiariani Kecamatan Medan Johor Provinsi Sumatera Utara Tahun 2012

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh Teknik Hypnobirthing Terhadap Lamanya Proses Persalinan Di Klinik Sumiariani Kecamatan Medan Johor Provinsi Sumatera Utara Tahun 2012. Persalinan adalah suatu proses fisiologis yang memungkinkan serangkaian perubahan yang besar pada ibu untuk dapat melahirkan janinnya melalui jalan lahir Persalinan yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan proses persalinan tidak berjalan lancar sehingga lama persalinan lebih lama dari normal. Teknik Hypnobirthing ini lebih menekankan melahirkan dengan cara positif, lembut, aman dan bagaimana mencapainya dengan mudah.

Tujuan penelitian : Untuk mengidentifikasi pengaruh teknik hypnobirthing terhadap lamanya proses persalinan.

Metodologi : Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen dengan pendekatan Statistic Group Comparison. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 46 orang dimana 23 kelompok intervensi dan 23 kelompok kontrol, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisa data yang digunakan adalah uji t-independen.

Hasil : Hasil penelitian diperoleh karakteristik responden kelompok intervensi sebagian besar responden berusia 24-29 tahun sebanyak 13 orang (56,5%), paritas multipara sebanyak 14 orang (60,9%), dan tingkat pendidikan adalah SMA sebanyak 13 orang (56,5%). Sedangkan pada kelompok kontrol sebagian besar responden berusia 24-29 tahun sebanyak 12 orang (52,2%), paritas multipara sebanyak 15 orang (65,2%), dan tingkat pendidikan SMA sebanyak 17 orang (73,9%). Lamanya proses persalinan pada kelompok intervensi rata-rata 8,652 jam sedangkan pada kelompok kontrol rata-rata 10,957 jam. Hasil uji t-independen nilai p=0,034 ≤ α (0,05).

Kesimpulan : Dari hasil penelitian ini maka bahwa ada pengaruh yang signifikan, teknik hypnobirthing terhadap lamanya proses persalinan. Sehingga disarankan supaya bidan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan tentang teknik hypnobirthing agar dapat melakukan pertolongan persalinan yang aman, lancar dan relatif lebih cepat dalam asuhan ibu bersalin normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar