Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Perawat dalam Memberikan Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Langsa

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Perawat dalam Memberikan Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Langsa. Motivasi kerja merupakan besar kecilnya usaha yang diberikan seseorang untuk melakukan tugas pekerjaannya. Kinerja merupakan suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu.

Sedangkan perawat adalah seseorang yang berperan dalam merawat atau memelihara, membantu dan melindungi seseorang karena sakit, injuri dan proses penuaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan motivasi kerja dengan kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 280 orang dan sampel diambil dengan tekhnik cluster random sampling. Pada penelitian ini sampel yang digunakan berjumlah 70 orang.

Hasil uji Cronbach alfa kuesioner yang dikembangkan peneliti adalah 0,8333 untuk kuesioner motivasi kerja dan 0,825 untuk kuesioner kinerja perawat. Hasil penelitian menunjukkan motivasi kerja perawat berada dalam kategori rendah (65,7%) sedangkan kinerja perawat berada dalam kategori tinggi (88,6%). Berdasarkan uji korelasi Spearman terdapat hubungan yang positif antara kedua variabel tersebut (r=0,259). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja perawat rendah. Untuk itu disarankan agar motivasi perlu ditingkatkan lagi agar tidak berdampak buruk bagi pelayanan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar