Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Gambaran Pengetahuan Keluarga Dalam Pemberian Gizi Pada Lansia Di Desa Sidorejo Kecamatan Siantar

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Gambaran Pengetahuan Keluarga Dalam Pemberian Gizi Pada Lansia Di Desa Sidorejo Kecamatan Siantar. Usia lanjut adalah tahap masa tua dalam perkembangan individu berada pada usia 60 tahun keatas yang merupakan suatu kejadian yang pasti akan dialami oleh semua orang yang dikaruniai usia panjang yang disertai dengan terjadinya kemunduran fungsi fisiologis pada lansia.

Untuk mengkompensasi terjadinya penurunan fungsi fisiologis lansia maka harus diberikan nutrisi yang cukup pada lansia agar sesuai dengan aktivitas lansia. Keluarga sangat berperan penting dalam menjaga status kesehatan lansia karena keluarga merupakan pihak terdekat dengan lansia, pengetahuan keluarga tentang gizi yang seimbang pada lansia sangat diperlukan agar tercapainya status kesehatan lansia yang optimal sehingga kualitas hidup lansia dapat meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan keluarga dalam pemberian gizi pada lansia di Desa Sidorejo Kecamatan Siantar yang dilakukan pada tanggal 22 Desember 2011 sampai dengan 02 Januari 2012. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan teknik total sampling, dan uji reliabilitas dengan menggunakan KR-21 yang mendapatkan nilai reliabilitas sebesar 0,81.

Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 60 responden yang merupakan keluarga yang tinggal bersama dengan lansia. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata usia responden berusia 51 - 60 tahun sebanyak 42 responden (70%), lebih dari setengah responden adalah perempuan berjumlah 42 orang (70%), dan lebih dari setengah responden berpendidikan SMP berjumlah 34 orang (57%).

Tingkat pengetahuan keluarga dalam pemberian gizi pada lansia dalam kategori cukup dengan persentase sebesar 60%, hal ini dikarenakan rata – rata responden memiliki latar belakang pendidikan SMP yang berpengaruh dalam hal mudah tidaknya mencerna informasi tentang kesehatan yang telah didapat,dan rata-rata responden bekerja sebagai buruh yang memilki waktu yang sangat sedikit untuk mengakses informasi tentang kesehatan dalam hal ini gizi pada lansia. Dari hasil penelitian ini diharapkan ada penelitian lanjutan yang membahas tentang hubungan antara nutrisi yang seimbang bagi lansia dengan status kesehatan lansia yang berdampak pada kualitas hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar