Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Gambaran Kebutuhan Keluarga Pasien Yang Menunggu Keluarganya Di Ruang Rawat ICU RSUP Haji Adam Malik Medan

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Gambaran Kebutuhan Keluarga Pasien Yang Menunggu Keluarganya Di Ruang Rawat ICU RSUP Haji Adam Malik Medan. Kebutuhan keluarga adalah unsur yang dibutuhkan oleh anggota keluarga dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis individu-individu dalam keluarga tersebut yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran kebutuhan keluarga pasien yang menunggu keluarganya di ruang rawat ICU RSUP Haji Adam Malik Medan dengan menggunakan desain deskripsi eksploratif. Sampel penelitian ini sebanyak 94 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Dari penelitian diperoleh hasil mayoritas responden mengemukakan bahwa kebutuhan keluarga pasien di ruang rawat ICU adalah berupa terpenuhinya kebutuhan informasi, dukungan mental, rasa nyaman, kedekatan dengan pasien, dan jaminan pelayanan.

Terpenuhinya kebutuhan informasi berupa mengetahui kestabilan pasien (82%), perkembangan penyakit pasien (93%), rencana pengobatan (89%), mengetahui alasan tindakan dilakukan (81%), mengetahui kondisi pasien setelah tindakan (85%), kebutuhan dukungan mental berupa mendapat jawaban yang tepat (86%), perhatian staf ICU terhadap keluarga pasien (46%), berkonsultasi tentang kondisi pasien setiap hari (69%), ada pelayanan rohaniwan (33%), Kebutuhan tersedianya lingkungan yang aman dan nyaman bagi keluarga (68%), ada pemberitahuan ke rumah bila terjadi perubahan kondisi pada pasien (20%), ruang tunggu dilengkapi dengan televisi dan media cetak (38%).

Kebutuhan untuk dekat dengan pasien berupa dapat menjenguk pasien di ruang ICU secara teratur (85%), keluarga dapat membantu merawat fisik pasien (59%), keluarga diizinkan memberi dukungan kepada pasien (89%). Kebutuhan jaminan pelayanan berupa merasakan adanya harapan bahwa pasien akan sembuh (96%), mengetahui tindakan yang dilakukan untuk kesembuhan pasien (91%), perawatan terbaik diberikan kepada pasien (91%). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pihak managemen di Rumah Sakit untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan keluarga pasien yang menunggu keluarganya di ruang rawat ICU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar