Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Hubungan Kontrasepsi Suntik KB 3 Bulan dengan Penurunan Libido Ibu di Klinik Bersalin Sari Medan Tahun 2012

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Kontrasepsi Suntik KB 3 Bulan dengan Penurunan Libido Ibu di Klinik Bersalin Sari Medan Tahun 2012. kontrasepsi suntikan adalah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan melalui suntikan hormonal. Suntik KB 3 bulan yaitu Depo Medroksiprogesteron Asetat mengandung 150 mg DMPA. Risiko efek samping yang dapat terjadi gangguan haid, perubahan berat badan, penggunaan jangka panjang dapat menurunkan libido, dan densitas tulang. Penurunan libido pada akseptor suntik KB 3 bulan pada pemakaian jangka panjang dapat terjadi karena faktor perubahan hormonal, pengeringan pada vagina dapat menyebabkan nyeri saat bersenggama.Menurunnya libido pada akseptor suntik KB 3 bulan juga dapat dipengaruhi oleh gangguan psikologis dan gangguan fisik.

Tujuan penelitian : untuk mengetahui hubungan kontrasepsi suntik KB 3 bulan dengan penurunan libido ibu di klinik bersalin sari medan tahun 2012. Metodologi : penelitian ini menggunakan desain survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua ibu yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan yaitu berjumlah 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling sehingga didapatkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 36 orang. Analisa data digunakan uji statistik chi-square.

Hasil : hasil penelitian ini, dari 36 responden diperoleh 29 orang (80,6%) ibu yang mengalami penurunan libido. Ibu yang mengalami penurunan libido berdasarkan lama pemakaian >2tahun yaitu 28 orang (96,6%), sedangkan gangguan psikologis yaitu 26 orang (96,3%), dan gangguan fisik yaitu 17 orang (77,3%).

Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara lama pemakaian kontrasepsi suntik KB 3 bulan dan gangguan psikologis dengan penurunan libido ibu, dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara gangguan fisik dengan penurunan libido ibu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar