Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Cakupan Program Imunisasi Dasar Terhadap Standart Pelayanan Minimal Imunisasi (SPM) Di Puskesmas Helvetia Dan Puskesma Padang Bulan Medan 2012

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Cakupan Program Imunisasi Dasar Terhadap Standart Pelayanan Minimal Imunisasi (SPM) Di Puskesmas Helvetia Dan Puskesma Padang Bulan Medan 2012. Latar Belakang : Imunisasi merupakan hal terpenting dalam usaha melindungi kesehatan anak. Imunisasi merupakan suatu cara efektif untuk memberikan kekebalan khususnya terhadap seseorang yang sehat,dengan tujuan utama untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian karena berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.Salah satunya penyakit campak yang sering kali menyerang anak dibawah usia lima tahun.

Tujuan Penelitian : untuk mengetahui hasil cakupan program Imunisasi dasar terhadap Standart pelayanan minimal imunisasi.

Metodologi Penelitian: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain studi deskriptif . Jumlah sampel dalam penelitian ini dari masing-masing Puskesmas Helvetia dan Puskesmas Padang Bulan adalah 89 dan 51 orang., dengaan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan cluster sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian diperoleh Dari hasil cakupan imunisasi diperoleh mayoritas bayi sudah mendapatkan imunisasi dasar HB0, DPT/HB1, DPT/HB2, DPT/HB3, POLIO1, POLIO2, POLIO3 sebanyak 89 orang (100 %) serta minoritas bayi mendapatkan imunisasi dasar BCG,POLIO4, dan CAMPAK masing-masing 95.5 %, 97.7 % dan 96.6 % yang diperoleh dari puskesmas Helvetia. Dari hasil cakupan imunisasi diperoleh mayoritas bayi sudah mendapatkan imunisasi dasar HB0, DPT/HB1,DPT/HB2,DPT/HB3,POLIO1, POLIO2, POLIO3 sebanyak 51 orang (100 %) serta minoritas bayi mendapatkan imunisasi dasar BCG,POLIO4, dan CAMPAK masing-masing 96 %, 98 % dan 96.1 % yang diperoleh dari puskesmas Padang Bulan Medan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa cakupan program imunisasi dasar di Puskesmas Helvetia dan Puskesmas Padang Bulan sudah mencapai Standart Pelayanan Minimal Imunisasi sesuai dengan yang telah ditetapkan Pemeritah Kesimpulan Penelitian : Sehingga disarankan supaya petugas imunisasi di masing-masing puskesmas tetap memberikan pelayanan imunisasi dasar lengkap kepada setiap bayi sebelum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar