Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Penilaian Remaja Terhadap Tipe Pola Asuh Keluarga di SMA N. Padangsidimpuan

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Penilaian Remaja Terhadap Tipe Pola Asuh Keluarga di SMA N. Padangsidimpuan. Pola asuh adalah cara yang digunakan keluarga dalam mencoba berbagai strategi untuk mendorong anak mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan tersebut antara lain pengetahuan, nilai moral, dan standart perilaku yang harus dimiliki anak bila dewasa nanti. Terdapat 3 macam tipe pola asuh orang tua yaitu; demokratis, otoriter, permisif.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian remaja terhadap tipe pola asuh keluarga di SMA N. 1 Padangsidimpuan. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan sampel dengan teknik quota sampling. Sample sebanyak 56 orang yang terdiri dari siswa-siswi kelas 2 di SMA N. 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 12 juli 2011.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang meliputi data demografi dan pernyataan terkait dengan tiga tipe pola asuh. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik komputerisasi dan dideskripsikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase. Berdasarkan penelitian, Penilaian remaja terhadap tipe pola asuh keluarga di SMA N. 1 Padangsidimpuan yaitu 40 responden (71.4%) menilai tipe pola asuh keluarganya demokratis, dan 13 responden (23,2%) menilai tipe pola asuh keluarganya otoriter, dan 3 responden (5,4%) menilai tipe pola asuh keluarganya permessive.

Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu, penilaian remaja terhadap tipe pola asuh keluarga di SMA N. 1 Padangsidimpuan adalah tipe pola asuh demokratis. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melengkapi penelitian ini dengan mengembangkan metode lain dan dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan penelitian selanjutnya mengenai tipe pola asuh keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar