Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Pengetahuan Ibu Tentang Kebutuhan Nutrisi Pada Balita Usia 1-3 Tahun di Rumah Sakit haji Medan

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengetahuan Ibu Tentang Kebutuhan Nutrisi Pada Balita Usia 1-3 Tahun di Rumah Sakit haji Medan. Kebutuhan nutrisi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam membantu proses pertumbuhan dan perkembangan pada bayi dan anak, mengingat manfaat nutrisi dalam tubuh dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak, serta mencegah terjadinya berbagai penyakit akibat kurang nutrisi dalam tubuh.

Kurangnya pengetahuan nutrisi dan kesehatan orang tua, khususnya ibu merupakan salah satu penyebab terjadinya kekurangan nutrisi pada balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan ibu tentang kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang pada balita usia 1-3 tahun di rumah sakit Haji Medan.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Populasi penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai balita usia 1-3 tahun. Jumlah sampel 38 diambil dengan teknik Insidental sampling. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa mayoritas responden berusia antara 20-45 tahun, yaitu sebanyak 38 responden, mayoritas pendidikan responden adalah DIII sebanyak 14 responden, dan mayoritas pekerjaan responden adalah PNS sebanyak 14 responden dan wiraswsata sebanyak 14 responden .

Berdasarkan Pengetahuan ibu tentang gizi dan status gizi BALITA mayoritas berada pada kategori cukup mengenai kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang pada balita usia 1-3 tahun (n=33, 68,2%). Kepada tim kesehatan disarankan supaya lebih meningkatkan penyuluhan-penyuluhan tentang kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang pada balita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar