Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Dukungan Keluarga Dalam Merawat Anak Retardasi Mental Di SLB Padangsidimpuan

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Dukungan Keluarga Dalam Merawat Anak Retardasi Mental Di SLB Padangsidimpuan. Setiap keluarga menginginkan semua anggota keluarganya dapat tumbuh dan berkembang secara normal terutama anak namun kadang kala tidak bisa didapat oleh keluarga yang memiliki anak yang lahir dengan retardasi mental.banyak masyarakat merasa memiliki anak cacat/ retardasi mental merupakan aib keluarga, hal ini karna ketidaktahuan keluarga dengan masalah anak retardasi mental dan kurangnya informasi yang didapat.

PBB memperkirakan terdapat 500 juta penyandang cacat diseluruh dunia. Di kebanyakan negara, sekurang – kurangnya satu dari setiap sepuluh orang penduduk menyandang kecacatan fisik, mental atau sensori, dan dalam semua segmen populasi, sekurang – kurangnya 25% terpengaruh oleh adanya kecacatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang dukungan keluarga dalam merawat anak retardasi mental di SLB padangsidimpuan.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif, sampel diambil dengan metode total sampling dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Data diolah dengan sistem komputerisasi dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan persentasi. pengumpulan data dilakukan tanggal 12 juli sampai 30 juli 2011. Uji reabilitas penelitian ini sebesar 0,7245 dengan menggunakan kr 21. Dari penelitian diperoleh hasil dukungan keluarga baik yaitu sebanyak (74%), yang terdiri dari dukungan informasi (72%),dukungan penilaian (81%), dukungan instrumental (67%), dan dukungan emosional (74%). Dukungan keluarga sangat penting dalam merawat anak retardasi, dan untuk meningkatkan rasa pecaya diri anak retardasi mental. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu perawat dalam memberikan informasi mengenai dukungan keluarga dalam merawat anak retardasi mental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar