Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Pengaruh Teknik Orang Ketiga Terhadap Eksplorasi Perasaan Anak Usia Sekolah Selama Dirawat di RSUD dr. Pirngadi Medan

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh Teknik Orang Ketiga Terhadap Eksplorasi Perasaan Anak Usia Sekolah Selama Dirawat di RSUD dr. Pirngadi Medan. Eksplorasi adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh lebih banyak informasi tentang suatu keadaan.

Teknik orang ketiga merupakan mengungkapkan ekspresi perasaan orang ketiga seperti”dia atau mereka”.Teknik orang ketiga ini diharapkan dapat mengeksplorasi perasaan anak usia sekolah selama dirawat di rumah sakit karena teknik tersebut mengurangi perasaan terancam dari pada langsung bertanya pada anak bagaimana perasaannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh teknik orang ketiga terhadap eksplorasi perasaan anak usia sekolah selama dirawat di RSUD dr.Pirngadi Medan dengan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan pre post test design yang dilakukan pada 30 orang responden pada bulan Maret sampai Mei 2012. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Analisa data dilakukan dengan Uji Wilcoxon.

Hasil penelitian tentang data demografi diperoleh laki- laki 18 orang (60%).Mayoritas responden berusia 12 tahun sebanyak 9 orang (30%). Mayoritas responden pernah masuk rumah sakit sebanyak 17 orang (56,7%).Mayoritas bersuku Batak sebanyak 18 orang (60%) dan hasil penelitian tentang kemampuan responden dalam mengungkapkan perasaan yaitu anak diam 3,3,%, anak terbata-bata 20,0%, anak mengungkapkan dengan satu kalimat 66,7%, anak mengungkapkan lebih dari satu kalimat 10,0% sebelum teknik orang ketiga. Setelah pelaksanaan intervensi responden dalam mengungkapkan perasaan yaitu anak mengungkapkan dengan lebih dari satu kalimat 100 %.

Berdasarkan uji statistik diperoleh nilai p= 0,000 dimana jika (p<0,05) dapat disimpulkan bahwa teknik orang ketiga mempunyai pengaruh yang signifikan dalam mengeksplorasi perasaan anak usia sekolah selama dirawat di rumah sakit. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada perawat anak agar dapat menerapkan komunikasi teknik orang ketiga dalam mengeksplorasi perasaan anak usia sekolah selama dirawat di rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar