Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Hubungan Tehnik Menyusui Terhadap Keberhasilan Menyusui Pada Ibu Postpartum Di Rumah Bersalin Delima Tembung Medan Tahun 2012

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Tehnik Menyusui Terhadap Keberhasilan Menyusui Pada Ibu Postpartum Di Rumah Bersalin Delima Tembung Medan Tahun 2012. Keberhasilan menyusui adalah kondisi yang ingin dicapai ibu dalam rangka menyusui bayinya yang dilihat dari cukupnya bayi mendapat ASI.

Tehnik menyusui adalah cara memberikan ASI kepada bayi dengan perlekatan dan posisi ibu dan bayi yang benar. Kesulitan menyusui biasanya biasanya terjadi ketika ibu baru melahirkan anak pertama. Faktor keberhasilan ,menyusui adalah komitmen ibu untuk menyusui yang dilaksanakan secara dini dan dengan posisi dan perlekatan yang baik dan benar.

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan tehnik menyusui terhadap keberhasilan menyusui pada ibu postpartum di Rumah Bersalin Delima Tembung Medan 2012.

Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 51 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini dilakukan di Rumah Bersalin Delima Tembung Medan. Analisa data digunakan uji chi- square.

Hasil: Karakteristik demografi responden mayoritas responden berumur 26-30 tahun dengan frekuensi 21 orang (41,2%), jika dilihat dari segi pendidikan mayoritas responden berpendidikan SMA dengan frekuensi 35 orang (68,6%), jika dilihat dari paritas mayoritas responden yaitu multipara dengan frekuensi 29 orang (56,9%) . Dari 51 responden yang melakukan tehnik menyusui yang benar dengan frekuensi 38 orang (74,5%) dan yang melakukan tehnik menyusui yang salah dengan frekuensi 13 orang (25,5%). Sedangkan yang berhasil menyusui dengan frekuensi 37 orang (72,5%) dan yang tidak berhasil menyusui dengan frekuensi 14 orang (27,5%).Hasil uji statistik diperoleh ada hubungan yang signifikan antar tehnik menyusui terhadap keberhasilan menyusui. dengan p value = 0.027.

Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa tehnik menyusui yang benar berhubungan terhadap keberhasilan menyusui. Jadi, di harapkan agar bidan memberikan informasi yang benar tentang pentingnya tehnik menyusui yang benar pada ibu sejak awal kehamilan hingga masa nifas sehingga tercapai peningkatan derajat kesehatan ibu dan bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar