Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Gambaran peran bidan dalam pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini di wilayah kerja Puskesmas Padang bulan Medan tahun 2012

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Gambaran peran bidan dalam pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini di wilayah kerja Puskesmas Padang bulan Medan tahun 2012. Angka kematian bayi baru lahir dan bayi masih tetap memperlambat keseluruhan kemajuan Indonesia dalam mengurangi kematian balita. Salah satu metode yang efektif adalah kontak kulit ke kulit dan Inisiasi Menyusui Dini bagi bayi baru lahir dalam masa satu jam pertama sejak bayi dilahirkan.

Inisiasi Menyusui Dini dilakukan segera setelah lahir dan dilakukan selama satu jam setelah bayi lahir. Bayi baru lahir sangat rentan terhadap kematian akibat hipotermia. Namun 16 persen kematian bayi dapat dicegah melalui pemberian ASI pada sejak hari pertama dilahirkan. Bidan merupakan tenaga skesehatan yang paling berperan dalam melaksanakan Inisiasi Menyusui Dini karena ibu tidak dapat melakukan Inisiasi Menyusui Dini tanpa bantuan dan fasilitasi dari bidan.

Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran bidan dalam pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini di Wilayah kerja Puskesmas Padang Bulan Medan.

Metodologi penelitian : Penelitian ini menggunakan desain deskriftif dengan jumlah sampel 40 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dan dilakukan pada Mei 2012. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang terdiri data demografi dan kuesioner tentang peran bidan. Analisa data disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan presentase.

Hasil penelitian : Karakteristik responden berusia 24-28 tahun yaitu sebnyak 12 orang(30%) dan berpendidikan sma sebanyak 15 orang(37,5%).Hasil penelitian menunjukkan bidan cukup berperan dalam pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini yaitu 22 orang(55%). Kesimpulan : Selanjutnya diharapkan kepada bidan agar lebih berperan lagi khususnya bidan yang belum menerapkan Inisiasi Menyusui Dini dan mengajari ibu dalam pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini karena itu sangat penting bagi ibu dan bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar