Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Hubungan Status Gizi dengan Kejadian Premenstrual Syndrome (PMS) pada Remaja Puteri di SMP Negeri 3 Berastagi

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Status Gizi dengan Kejadian Premenstrual Syndrome (PMS) pada Remaja Puteri di SMP Negeri 3 Berastagi. Tingginya masalah Premenstrual Syndrome (PMS) pada remaja puteri akan berdampak pada produktivitasnya dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Beberapa saat sebelum menstruasi, sejumlah wanita mengalami rasa tidak nyaman yang biasa disebut dengan Premenstrual Syndrome (PMS). Salah satu penyebab PMS adalah defisiensi zat gizi.

Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan status gizi dengan kejadian Premenstrual Syndrome (PMS) pada remaja puteri di SMP Negeri 3 Berastagi Tahun 2012. Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain study correlational dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 165 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Berastagi tahun 2012. Analisa data digunakan dengan uji chi square.

Hasil: Hasil penelitian berdasarkan karakteristik demografi responden dapat dilihat bahwa sebagian besar responden berumur 13 tahun yaitu sebanyak 57 orang (34,5%). Berdasarkan tingkat kelas responden sebagian besar berada di kelas tiga yaitu sebanyak 80 orang (48,5%), sebagian besar memiliki status gizi baik yaitu sebanyak 118 orang (71,5%), sebagian besar mengalami kejadian Premenstrual Syndrome (PMS) yaitu sebanyak 108 orang (65,5%), sebagian besar memiliki status gizi baik dan mengalami kejadian Premenstrual Syndrome (PMS) yaitu 73 orang (61,9%). Hasil uji statistik didapat bahwa nilai p=0,175.

Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan kejadian Premenstrual Syndrome (PMS) pada remaja puteri di SMP Negeri 3 Berastagi Tahun 2012. Namun diharapkan setiap remaja puteri tetap mempertahankan status gizi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar