Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Perilaku Petugas Kesehatan dalam Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini di Wilayah Kerja Puskesmas Sayurmatinggi Kec. Sayurmatinggi

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Perilaku Petugas Kesehatan dalam Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini di Wilayah Kerja Puskesmas Sayurmatinggi Kec. Sayurmatinggi. Inisiasi menyusu dini (early initation) atau permulaan menyusui dini adalah bayi mulai menyusu sendiri segera setelah lahir. IMD merupakan masa-masa belajar menyusu dalam satu jam pertama hidup bayi diluar kandungan.

Menyusui segera setelah lahir merupakan penentu untuk keberhasilan penerapan ASI eksklusif. Untuk dapat melakukan Inisiasi Menyusu Dini diperlukan pengetahuan, sikap dan tindakan petugas kesehatan tentang Inisiasi Menyusu Dini.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku petugas kesehatan dalam kegiatan Inisiasi Menyusu Dini di Wilayah Puskesmas Sayurmatinggi Kec. Sayurmatinggi Kab. Tapanuli Selatan Tahun 2010. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan tekhnik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan jumlah responden 20 orang. Pengumpulan data dimulai dari bulan November – Desember 2011 di wilayah kerja Puskesmas Sayurmatinggi Kec. Sayurmatinggi. Uji reliabel dilakukan pada 20 orang responden. Dari hasil penelitian pengetahuan responden tentang IMD 85% baik, 15% cukup, dan tidak ada responden yang berpengetahuan kurang. Sikap petugas kesehatan dalam pelaksanaan IMD 85% baik, 15% cukup dan tidak ada responden yang bersikap kurang. Tindakan petugas kesehatan dalam pelaksanaan IMD 100% memiliki tindakan yang baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua responden dalam pelaksanaan IMD memiliki perilaku yang baik. Namun, ketika di teliti tentang kuisoner komponen perilaku yaitu: pengetahuan, sikap dan tindakan responden dalam pelaksanaan IMD, terdapat banyak kejanggalan. Untuk itu diperlukan pembinaan dan pelatihan petugas kesehatan dalam pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini, khususnya pada wilayah kerja Puskesmas Sayurmatinggi Kec. Sayurmatinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar