Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Manfaat Bermain dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di TK Kasih Ibu PTPN IV AFD 8-9 Desa Bangun Purba Tengah Deli Serdang

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Manfaat Bermain dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di TK Kasih Ibu PTPN IV AFD 8-9 Desa Bangun Purba Tengah Deli Serdang. Bermain merupakan salah satu stimulus (perangsang) dari lingkungan yang dapat membantu memaksimalkan tumbuh kembang dan kecerdasan anak. Perkembangan adalah kemampuan (skill) yang diperoleh dari kematangan sistem saraf pusat, khususnya otak.

Perkembangan ini berkaitan erat dengan kecerdasan dan bertambahnya keterampilan anak.Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengetahuan ibu tentang manfaat bermain, perkembangan anak usia prasekolah dan hubungan pengetahuan ibu tentang manfaat bermain dengan perkembangan anak usia prasekolah di Taman Kanak-kanak Kasih Ibu PTPN IV AFD 8-9 Desa Bangun Purba Tengah Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni dan Juli 2011 di Taman Kanak-kanak Kasih Ibu PTPN IV AFD 8-9 Desa Bangun Purba Tengah Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi dan deskriptif korelasi dengan uji korelasi pearson product moment. Sampel dalam penelitian ini diambil dari ibu yang memiliki anak usia prasekolah sebanyak 31 responden dengan menggunakan tehnik total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan lebih dari setengah responden (87%) memiliki gambaran pengetahuan yang baik tentang manfaat bermain dan (87%) responden memiliki anak prasekolah dengan gambaran perkembangan yang baik.

Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan sedang dan bermakna dengan arah korelasi positif (p=0,29132043, r=0,539741077). Sehingga disimpulkan adanya hubungan pengetahuan ibu tentang manfaat bermain dengan perkembangan anak usia prasekolah. Untuk itu disarankan pada perawat agar dapat meningkatkan penyuluhan tentang hubungan pengetahuan ibu tentang manfaat bermain dengan perkembangan anak usia prasekolah agar ibu dapat meningkatkan pengetahuan dan tetap memiliki anak prasekolah dengan perkembangan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar