Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Tanda-Tanda Bahaya Masa Nifas di Klinik Bersalin Hj.Nani Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Tanda-Tanda Bahaya Masa Nifas di Klinik Bersalin Hj.Nani Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu. Masa nifas (Puerperium) dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika kembali seperti keadaan sebelum hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan ibu nifas tentang tanda-tanda bahaya masa nifas di Klinik bersalin Hj. Nani Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu.

Penelitian dilakukan pada bulan November sampai Januari 2012 menggunakan design penelitian deskriptif dan tekhnik pengambilan sampel purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan ibu nifas cukup (67,6%). Ada 6 kategori responden tentang tanda-tanda bahaya masa nifas. Responden dengan pengetahuan cukup ada 4 kategori yaitu demam (35,3%), perdarahan pervaginam postpartum (38,2%), pre-eklampsia dan eklampsia (41,2%), dan depresi pospartum (61,8%).

Sedangkan responden dengan pengetahuan baik ada 2 kategori yaitu infeksi payudara (38,2%) dan eliminasi: BAK dan BAB (47,1%). Tenaga Kesehatan sebaiknya lebih meningkatkan penyuluhan kepada ibu nifas agar mengetahui akan pentingnya mengenai tanda bahaya masa nifas sehingga apabila terjadi komplikasi dapat dideteksi sedini mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar