Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Peran Serta Mayrakat dalam Upaya Pencegahan dan Pemberantasan DBD di Kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Peran Serta Mayrakat dalam Upaya Pencegahan dan Pemberantasan DBD di Kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah. Peran serta masyarakat sangat penting dilakukan untuk meningkatkan status kesehatan di masyarakat yaitu dengan cara ikut sertanya seluruh anggota masyarakat dalam memecahkan permasalahan-permasalahan masyarakat tersebut.

Partisipasi masyarakat di bidang kesehatan berarti keikut sertaan seluruh anggota masyarakat dalam memecahkan setiap permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan DBD. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan bagaimana peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan DBD.

Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel 50 kepala keluarga, pengumpulan data dilakukan pada bulan pada tanggal 5 sampai 20 oktober 2012. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner data demografi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan jumlah responden mayoritas peran serta masyarakat berdasarkan motivasi dalam kategori baik sebanyak 38 responden (76%), berdasarkan komunikasi berkategori cukup sebanyak 26 responden (52%).

Pada aspek ini peran serta masyarakat sudah cukup baik, timbulnya kesadaran diri pada masyarakat menjadi modal utama sehingga menciptakan suatu komunikasi antar setiap anggota masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit DBD. berdasarkan koordinasi mayoritas yang berkategori kurang sebanyak 39 responden (78%), sedangkan berdasarkan mobilisasi yang berkategori cukup sebanyak 37 responden (74%), Hal ini menunjukkan bahwa kurangnya partisipasi dan kerjasama antara anggota masyarakat menjadi faktor utamanya, sehingga tidak terjadi team work yang baik antar setiap anggota masyarakat maupun tim pelayanan kesehatan.

Diharapkan kepada tenaga kesehatan untuk meningkatkan dukungannya untuk melaksanakan peran serta dalam upaya pencegahan dan pemberantasan DBD untuk masa yang akan datang untuk lebih baik lagi, dan untuk peneliti berikutnya diharapkan untuk meneliti pengetahuan masyarakat dalam upayan pencegahan dan pemberantasan Demam Berdarah Dengue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar