Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Dukungan Psikososial Keluarga dalam Penyembuhan Pasien NAPZA di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Sumatera Utara – Medan

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Dukungan Psikososial Keluarga dalam Penyembuhan Pasien NAPZA di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Sumatera Utara – Medan. Dukungan psikososial keluarga dalam masa pemulihan pasien NAPZA sangat diperlukan mengingat salah satu faktor yang menyebabkan pasien menyalahgunakan NAPZA adalah keluarga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi besarnya dukungan psikososial keluarga dalam penyembuhan pasien NAPZA di Poliklinik Narkoba Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Sumatera Utara – Medan dengan menggunakan desain deskriptif. Sampel diambil dari keluarga yang menemani pasien NAPZA saat berobat dengan menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 30 sampel. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dukungan psikososial keluarga dalam penyembuhan pasien NAPZA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan Psikososial keluarga dalam penyembuhan pasien NAPZA yaitu maksimal (70 %). Dukungan maksimal juga didapatkan dari dukungan informasional keluarga (50 %), dukungan penilaian keluarga (50 %), dukungan instrumental keluarga (70 %), dukungan emosional keluarga (73.3 %).

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi tentang pentingnya dukungan psikososial keluarga dalam penyembuhan pasien NAPZA bagi perawat dan untuk meningkatkan asuhan keperawatan jiwa pada pasien NAPZA di Poliklinik Narkoba Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Sumatera Utara – Medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar