Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Komunikasi Terapeutik Terhadap Perilaku Perawat Saat Berkomunikasi Dengan Pasien Di Rsud Dr. Pirngadi Kota Medan

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Komunikasi Terapeutik Terhadap Perilaku Perawat Saat Berkomunikasi Dengan Pasien Di Rsud Dr. Pirngadi Kota Medan. Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi yang direncanakan secara sadar dan bertujuan serta kegiatannya difokuskan untuk kesembuhan pasien, yang juga merupakan komunikasi professional yang mengarah pada penyembuhan pasien yang dilakukan oleh perawat atau tenaga kesehatan lainnya.

Peneliti berasumsi bahwa perilaku perawat saat berkomunikasi dengan pasien berhubungan dengan apa yang diketahui perawat tentang komunikasi terapeutik, dan seharusnya bersikap seperti apa yang diketahui oleh perawat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan perawat tentang komunikasi terapeutik terhadap perilaku perawat saat berkomunikasi dengan pasien di RSUD Dr.Pirngadi Kota Medan.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi, dengan metode pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dari perawat dan pasien dilakukan secara bersamaan dengan menggunakan kuesioner. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling diperoleh 93 orang perawat dan teknik accidental sampling diperoleh 30 orang pasien. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik univariat dan bivariat.

Hasil analisa data menunjukkan bahwa pengetahuan perawat tentang komunikasi terapeutik sebanyak 85 orang (91.4 %) dalam kategori baik, dan sebanyak 17 orang (56.7 %) pasien menilai perilaku perawat saat berkomunikasi dengan pasien dalam kategori cukup. Hasil uji korelasi Spearman menyatakan koefisien korelasi (r) 0,164 dengan tingkat signifikan (p) 0,385 (> 0,05).

Hasil ini menunjukkan bahwa kekuatan hubungan yang ada sangat lemah atau tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat tentang komunikasi terapeutik terhadap perilaku perawat saat berkomunikasi dengan pasien di RSUD Dr.Pirngadi Kota Medan. Saran bagi penelitian berikutnya perlu diteliti apakah ada hubungan faktor endogen dan eksogen terhadap pengetahuan maupun perilaku perawat di rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar