Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Peningkatan Berat Badan Bayi Baru Lahir yang Mendapatkan ASI eksklusif Setelah 1 Bulan di Klinik Bersalin Lolly Medan

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Peningkatan Berat Badan Bayi Baru Lahir yang Mendapatkan ASI eksklusif Setelah 1 Bulan di Klinik Bersalin Lolly Medan. Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan pertama, utama, dan penting bagi bayi, yang bersifat alamiah. ASI mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. Akan tetapi, ada suatu hal yang sangat disayangkan yakni rendahnya pemahaman ibu, keluarga, dan masyarakat mengenai pentingnya ASI bagi bayi. Akibatnya, program pemberian ASI eksklusf tidak berlangsung.

Tujuan penelitian : Untuk mengetahui Peningkatan Berat Badan Bayi Baru Lahir yang Mendapatkan ASI Eksklusif Setelah 1 Bulan di klinik bersalin Lolly Medan tahun 2012. Metodologi : Penelitian ini bersifat Deskriptif dengan pendekatan Longitudinal.

Jumlah sampel peneliti adalah 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Penelitian ini dilakukan di Klinik Bersalin Lolly Medan.

Hasil :Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan berat badan bayi baru lahir yang mendapatkan ASI setelah 1 bulan yaitu dengan rata-rata penimbangan berat badan bayi baru lahir adalah 3319,4 gram, sedangkan nilai minimum 2000 gram dan nilai maximum adalah 4200 gram.

Rata-rata penimbangan berat badan bayi yang mendapatkan ASI Eksklusif setelah 1 bulan adalah 4144,44 gram. Sedangkan nilai minimal 3300 gram dan nilai maximal adalah 4800 gram. Sehinggga dapat dihasilkan rata-rata peningkatan berat badan bayi baru lahir yang mendapatkan ASI Eksklusif setelah 1 bulan adalah 819,4 gram. Sedangkan nilai minimal 600 gram dan nilai maximal adalah 1800 gram.

Kesimpulan : Dari hasil penelitian ini telah dibuktikan bahwa adanya peningkatan berat badan bayi baru lahir yang mendapatkan ASI setelah 1 bulan. Jadi, ASI dapat digunakan dalam asuhan kebidanan pada bayi baru lahir dalam menangani berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar