Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Pengelolaan Pelayanan dan Asuhan Keperawatan pada Lansia dengan Penyakit Kronis oleh Keluarga Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengelolaan Pelayanan dan Asuhan Keperawatan pada Lansia dengan Penyakit Kronis oleh Keluarga Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor. Usia tua merupakan fase akhir dari rentang kehidupan. Namun pada tahap lebih lanjut dapat memberikan ancaman masalah pada kesehatan.

Penuaan ditandai dengan adanya kemunduran biologis dan mengalami sakit kronis. Keluarga merupakan support system utama bagi usia lanjut dalam mempertahankan dan meningkatkan kesehatannya.

Subjek dalam praktek belajar lapangan komprehensif ini adalah lima lansia beserta keluarganya yang tinggal di wilayah binaan Kelurahan Gedung Johor. Setelah dilakukan pengkajian terhadap lansia dengan penyakit kronik, keluhan yang paling sering dialami lansia yakni nyeri, kelelahan, dan imobilitas.

Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan kepada keluarga, diperoleh bahwa perawatan keluarga terhadap lansia dinilai cukup. Salah satu intervensi yang dapat diberikan kepada lansia yakni rentang pergerakan (ROM). Setelah diajarkan tentang ROM, rentang pergerakan lansia menjadi lebih maksimal dan kekakuan pada ekstremitas menurun. Latihan ROM aktif dan pasif dapat meningkatkan mobilitas sendi bila dilakukan secara rutin dan teratur untuk mencegah terjadinya berbagai komplikasi. Kepada keluarga juga diajarkan tentang cara merawat lansia dengan penyakit kronis sesuai dengan lima tugas kesehatan keluarga. T

ugas kesehatan keluarga dalam merawat lansia dengan penyakit kronis sangat penting untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia, yakni dengan membantu lansia mengurangi nyeri, mengatasi kelemahan dan imobilitas serta memenuhi kebutuhan kesehatan lansia. Keluarga mengerti akan pendidikan kesehatan yang diajarkan dan dapat menerapkan dengan baik kepada lansia.

Berdasarkan hasil praktik belajar lapangan komprehensif ini, disarankan kepada segenap pelayanan kesehatan agar meningkatkan pengoptimalan fungsi KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi). KIE sangat penting untuk dilakukan dan diberikan kepada keluarga yang merawat lansia dengan penyakit kronik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar