Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Herpes di Wilayah Kerja Puskesmas Delitua Tahun 2012

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Herpes di Wilayah Kerja Puskesmas Delitua Tahun 2012. Herpes adalah infeksi pada genital yang disebabkan oleh Herpes Simplex Virus (HSV) dengan gejala khas berupa vesikel yang berkelompok dengan dasar eritema dan bersifat rekuerens.

Angka kejadian di negara yang sedang berkembang diperkirakan telah menginfeksi 20 juta orang diseluruh dunia. Sebagian yang terjangkiti Herpes diantaranya 7,3 wanita muda dan 4,5 juta pria muda. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang salah. Manifestasi klinik dapat dipengaruhi oleh faktor hospes.

Di Provinsi Sumatera Utara, 42,1% penduduk pernah mendengar tentang Herpes, namun 14% yang berpengetahuan benar dan yaitu remaja umur 15-20 tahun pernah mendengar Herpes 38,9%. Sedangkan di Puskesmas Delitua 20,8% yang pernah mendengar Herpes, namun berpengetahuan benar tentang Herpes yaitu 18,4% (Riskesdas Provinsi Sumatera Utara).

Tujuan penelitian : Untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan dan sikap remaja tentang Herpes di desa sari maju daerah lokalisasi wilayah kerja puskesmas Delitua tahun 2012.

Metodologi : Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Korelatif dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 44orang. Metode pengambilan sampel secara Total Sampling sehingga besar sampel sebanyak 44 orang.

Hasil : Hasil penelitian diperoleh karakeristik responden berdasarkan golongan umur adalah mayoritas umur 20 tahun sebanyak 14 orang (31,8%), berdasarkan pendidikan SMA sebanyak 23 orang (52,3%), berdasarkan pernah mendengar informasi sebanyak 33orang (75%), berdasarkan sumber informasi diterima dari media eletronik yaitu internet sebanyak 10 orang (22,7%). Mayoritas pengetahuan baik sebanyak 33 orang (75%) dan sikap positif sebanyak sebanyak 22 orang (81,3%). Dan melalui uji Chi Square diperoleh hasil dengan nilai p=0.028, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap remaja tentnag Herpes.

Kesimpulan : Ada hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja tentang Herpes. Dan diharapkan kepada remaja di Desa Sari Maju daerah lokalisasi Wilayah Kerja Puskesmas Delitua agar meningkatkan pengetahuannya melalui beberapa media misalnya dengan membaca majalah kesehatan tentang Herpes ataupun dari media elektronik. Serta penyuluhan tentang Herpes untuk remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar