Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Sibling Rivalry Di klinik Bersalin Hanafi Kel. Tanjung Gusta Kec. Medan-Helvetia Tahun 2012

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Sibling Rivalry Di klinik Bersalin Hanafi Kel. Tanjung Gusta Kec. Medan-Helvetia Tahun 2012. Pengetahuan merupakan hasil dari tahu setelah orang melakukan suatu tindakan, sedangkan sikap merupakan suatu reaksi atau respons setelah orang melakukan suatu tindakan atau aktivitas.

Sibling rivalry merupakan adanya rasa persaingan saudara kandung terhadap kelahiran adiknya untuk memperebutkan kasih sayang. berdasarkan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti kepada beberapa ibu – ibu di kelurahan Tanjung Gusta ternyata masih banyak ibu-ibu di daerah ini yang memperlakukan anak-anaknya belum sesuai dengan kaidah asuhan anak. Ibu-ibu tersebut sering kali mencubit, memukul, bahkan memarahi anaknya dengan emosi, hal ini disebabkan karena anak mereka berperilaku tidak sesuai dengan keinginannya dan mengganggu adiknya atau anggota keluarga lainnya.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan dan sikap ibu tentang sibling rivalry. penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif. Besar sampel sebanyak 30. Teknik pengambila sampel penelitian ini adalah teknik purposive Sampling. Kuesioner penelitian ini terdiri dari kuesioner data demograpi, kuesioner tentang pengetahuan dan sikap ibu tentang sibling rivalry. Hasil penelitian di analisa dengan teknik komputerisasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penelitian tentang pengetahuan ibu tantang sibling rivalry mayoritas berpengetahuan kurang sebanyak 20 responden (66%), dan sikap ibu tantang sibling rivalry mayoritas berpengetahuan cukup sebanyak 17 responden (57%). Untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan judul ini direkomendasikan untuk meneliti tentang tentang pengetahuan dan sikap ibu tentang sibling rivalry ditempat yang berbeda dengan jumlah populasi yang lebih besar supaya dapat melengkapi penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar