Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Gambaran Pengetahuan Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu Bekerja di Kecamatan Porsea

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Gambaran Pengetahuan Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu Bekerja di Kecamatan Porsea. ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja, termasuk kolostrum tanpa tambahan apapun sejak lahir, dengan kata lain pemberian susu formula, air matang, air gula, dan madu untuk bayi baru lahir tidak dibenarkan sampai bayi usia 6 bulan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengidentifikasi gambaran pelaksanaan pemberian ASI eksklusif pada Ibu yang bekerja di Kecamatan Porsea.

Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian cross sectional dengan jumlah sampel 30orang dan teknik pengambilan sampel purposive sampli. Pengumpulan data dilakukan mulai 1- 30 September 2011 dengan menggunakan kuesioner data demografi dan kuesioner ganbaran pelaksanaan pemberian ASI Eksklusif pada ibu bekerja. Hasil penelitian berdasarkan karakteristik responden menunujukkan mayoritas berusia 30 - 35 tahun (36,6%), bersuku batak (90%), mayoritas tingkat pendidikan (76,66%), mayoritas pekerjaan responden adalah wiraswasta ( 46,6%), mayoritas ibu yang memilki bayi lebih dari satu (76,6%), yang mendapat informasi tentang ASI eksklusif (60%).

Hasil penelitian yang di peroleh menunujukkan bahwa gambaran pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif mayoritas menjawab benar sebesar (93,3%) tentang manfaat ASI mayoritas menjawab benar sebesar (66,6%), tentang komposisi ASI mayoritas menjawab benar sebesar (96,6%),tentang faktor yang mempengaruhi produksi ASI eksklusif mayoritas menjawab benar sebesar (90%), cara pemberian ASI menjawab benar dan salah sebesar (50%), cara pengeluaran ASI mayoritas menjawab benar sebesar (60%), dan cara penyimpanan ASI mayoritas menjawab salah sebesar (66,6%). Disarankan kepada para petugas puskesmas agar memberikan penyuluhan tentang ASI terutama pada topik cara penyimpanan ASI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar