Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Kualitas Hidup Lansia di Graha Residen Senior Karya Kasih Medan, Sumatera Utara

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Kualitas Hidup Lansia di Graha Residen Senior Karya Kasih Medan, Sumatera Utara. Lanjut usia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Ketika seseorang sudah mencapai usia tua dimana fungsi-fungsi tubuhnya tidak dapat lagi berfungsi dengan baik maka lansia membutuhkan banyak bantuan dalam menjalani aktivitas-aktivitas kehidupannya.

Merawat lansia tidak hanya terbatas pada perawatan kesehatan fisik saja namun juga pada faktor psikologis dan sosiologis. Kualitas hidup lansia terus menurun seiring dengan semakin bertambahnya usia. Penurunan kapasitas mental, perubahan peran sosial, dementia (kepikunan), juga depresi yang sering diderita oleh lansia ikut memperburuk kondisi mereka. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kualitas hidup lansia di Graha Residen Senior Karya Kasih Medan.dengan menggunakan desain deskriptif eksploratif.

Sampel diambil dari Graha Residen Senior Karya Kasih Medan sebanyak 90 orang. Cara pengambilan jumlah sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Uji reliabilitas dilakukan pada 20 orang sampel di Jalan Mustafa Kamal Hamparan Perak yang memiliki kriteria yang sama dengan sampel penelitian. Hasil uji reliabilitas kuesioner WHOQOL menggunakan uji Cronbach Alfa dengan hasil 0,8. Karakteristik responden adalah usia responden berada pada kelompok umur 71-80 tahun sebanyak 49.9%.

Responden yang berjenis kelamin yang mayoritas adalah perempuan sebanyak 63.3%. Berdasarkan masalah kesehatan yang di alami responden, Hipertensi adalah masalah kesehatan yang paling banyak sekitar 40 orang (44.4%). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan score kualitas hidup yang tertinggi 92 dan terendah 70, hal ini didukung oleh usia responden, jenis kelamin, tingkat pendidikan, jumlah teman sekamar, dan masalah kesehatan yang dialami lansia.

Sedangkan berdasarkan persepsi lansia sendiri terhadap kualitas hidupnya adalah buruk (10%), biasa-biasa saja (60%), dan baik (30%). Untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan judul penelitian ini perlu kajian yang lebih mendalam terhadap empat domain yang mempengaruhi kualitas hidup dan penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dengan metode korelasi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar