Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Peran Keluarga Dalam Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Lansia Di Kelurahan Kedai Durian Kecamatan Medan Johor

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Peran Keluarga Dalam Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Lansia Di Kelurahan Kedai Durian Kecamatan Medan Johor. Peranan keluarga menggambarkan seperangkat hubungan interpersonal, sifat, kegiatan yang berhubungan dengan individu dalam situasi dan kondisi tertentu.

Peranan individu dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola prilaku dari keluarga, kelompok, dan masyarakat. Proses menua adalah proses alami yang dihadapi manusia. Dalam proses ini, tahap yang paling krusial adalah tahap lansia, yang secara alami terjadi penurunan atau perubahan kondisi fisik, psikologis maupun sosial yang saling berinteraksi satu sama lain.

Adapun beberapa faktor yang dihadapi para lansia yang sangat mempengaruhi kesehatan psikologis mereka yaitu: penurunan kondisi fisik, penurunan fungsi dan potensi seksual, perubahan aspek psikososial, perubahan yang berkaitan dengan pekerjaan, perubahan dalam peran sosial dimasyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran keluarga dalam pemenuhan kebutuhan psikologis lansia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif dengan teknik purposive sampling melibatkan 61 orang responden yang dilaksanakan pada bulan Januari 2012. Uji reabilitas dilakukan dengan rumus KR-20, dengan sampel 20, dan didapat hasil 0,761.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga dalam pemenuhan kebutuhan psikologis lansia adalah baik 32 responden (52,46 %), peneliti berasumsi mayoritas responden berada dalam kategori peran yang baik karena lansia mayoritas tinggal bersama anak kandungnya (72,05 %). Karena bagi orang lanjut usia yang tinggal jauh dari anak cucu ataupun tinggal di rumah perawatan, kehadiran keliarga sangat berarti. Untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan judul ini di rekomendasikan untuk mengambil responden yaitu lansia, agar dapat mengidentifikasi kebenaran peran keluarga dilakukan dengan baik atau buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar