Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Pengaruh Metode Akupresur Terhadap Nyeri Persalinan Pada Ibu Inpartu Kala I Fase Aktif Di Klinik Bersalin Rita Fadilah Medan

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh Metode Akupresur Terhadap Nyeri Persalinan Pada Ibu Inpartu Kala I Fase Aktif Di Klinik Bersalin Rita Fadilah Medan. Persalinan adalah tugas reproduksi untuk melanjutkan kehidupan di muka bumi ini. Semua wanita mengalami nyeri selama persalinan dan hal ini merupakan proses fisiologis. Salah satu metode yang efektif dalam menanggulanginya adalah metode akupresur yang dilakukan secara nonfarmakologis.

Tujuan penelitian : untuk mengidentifikasi pengaruh pemberian metode akupresur terhadap nyeri persalinan pada ibu inpartu kala I fase aktif di klinik bersalin Rita Fadillah Medan Tahun 2012.

Metodologi penelitian : Quasy-eksperimen yang bersifat one group pretest-postest dengan besar sampel sebanyak 22 orang. Metode pengambilan sampel adalah total sampling dan menggunakan analisis data t-dependent. Hasil : Dari hasil penelitian diperoleh data karakteristik responden bahwa sebagian besar ibu inpartu di klinik Bersalin Rita Fadillah Medan berada pada usia 21-25 sebanyak 12 orang (54,5%).

Status pendidikan responden sebagian besar berpendidikan SMU 15 orang (68,2%). Status pekerjaan sebagian besar responden tidak bekerja (IRT) sebanyak 13 orang ( 59.1%). Status jumlah anak sebagian besar adalah anak pertama yaitu 15 orang (68,2%). Dari hasil penelitian diperoleh intensitas nyeri sebelum dilakukan akupresur dengan nilai rata-rata 5,136 standar deviasinya 1.846 dan setelah dilakukan intervensi nilai rata-rata 3,023 standar deviasinya 2,195 dan perbedaan rata-rata skala nyeri sebelum dan sesudah intervensi 2,113 dengan standar deviasi 0,349. Hasil uji statistik t-dependent ada pengaruh yang signifikan metode akupresur terhadap nyeri persalinan kala I fase aktif dengan nilai p<0,000.

Kesimpulan : Penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh metode akupresur terhadap nyeri persalinan pada ibu inpartu kala I fase aktif. Sehingga dapat disarankan pada bidan untuk dapat menerapkan metode akupresur dalam pelayanan asuhan persalinan normal dalam mengurangi nyeri persalinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar