Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Karakteristik dan Minat Masyarakat Menggunakan Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu Serdang Bedagai

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Karakteristik dan Minat Masyarakat Menggunakan Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu Serdang Bedagai. Puskesmas merupakan salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan yang diprioritaskan untuk mendukung pembangunan kesehatan masyarakat.

Di Sumatera Utara, jumlah pengunjung puskesmas tahun 2009 mencapai 5.547.458 jiwa untuk puskesmas rawat inap maupun puskesmas rawat jalan. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik dan minat masyarakat di desa Pematang Guntung menggunakan pelayanan kesehatan Puskesmas.

Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 100 orang yang datang mengunjungi puskesmas di desa Pematang Guntung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari data demografi dan pernyataan mengenai minat masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan karakteristik masyarakat yang banyak menggunakan pelayanan puskesmas adalah umur 31- 40 tahun (33%), jenis kelamin perempuan (54%), beragama Islam (97%), menikah (78%), bekerja sebagai petani (49%) dan berpenghasilan 850.000-1.500.000 (49%), pendidikan Sekolah Dasar (SD) (32%) dan bersuku Banjar (62%). Berdasarkan penelitian di peroleh bahwa masyarakat berminat (51%) menggunakan pelayanan puskesmas di Desa Pematang Guntung.

Dari hasil penelitian bahwa puskesmas memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik (73%), jarak puskesmas dekat dengan rumah (66%), biaya pengobatan yang murah dan gratis (83%), puskemas memberikn pengobatan yang modern (72%) dan puskesmas memberikan pelayanan kesehatan untuk anak-anak (85%). Hasil penelitian ini memberi masukan bagi manajemen pelayanan puskesmas untuk mempertimbangkan hasil penelitian dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar