Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Bahaya Merokok di Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Bahaya Merokok di Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Rokok adalah benda beracun yang berbahaya bagi kesehatan, karena terdapat 4000 bahan kimia dengan 3 komponen utama yaitu nikotin, Tar dan karbonmonoksida. Kebiasaan remaja yang sulit dihindari ialah merokok.

Kemajuan ilmu pengetahuan seharusnya meningkatkan kesadaran remaja untuk tidak merokok. Namun pada kenyataannya banyak remaja yang terbiasa merokok. Dengan adanya pengetahuan yang baik tentunya juga akan berdampak pada sikap yang positif, begitu pula sebaliknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dan sikap remaja tentang bahaya rokok dengan kebiasaan merokok di Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang tahun 2011.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja usia 10-19 tahun di Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang sebanyak 265 orang. Tehnik sampel yang digunakan adalah cluster sampling sebanyak 27 orang. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Balai Desa Sei Mencirim.

Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan remaja yang baik sebanyak 20 orang (74%), cukup 7 orang (26%). Distribusi sikap remaja yang positif sebanyak 18 orang (67%) dan sikap negatif 9 orang (33%). Diharapkan kepada petugas kesehatan puskesmas agar membuat program tentang bahaya rokok, melakukan penyuluhan, pendekatan kepada remaja dan bekerjasama dengan keluarga dalam upaya meminimalkan bahkan menghilangkan kebiasaan merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar