Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Dukungan Sosial Keluarga terhadap anak Down Sindrom di YPAC Medan

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Dukungan Sosial Keluarga terhadap anak Down Sindrom di YPAC Medan. Down Sindrom merupakan sindroma kongenital yang paling sering terjadi. Perkembangan yang lambat merupakan ciri utama pada anak dengan sindrom ini. Untuk dapat membantu mengoptimalkan perkembangan anak down sindrom, keluarga diharapkan untuk selalu memberikan dukungan kepada anak tersebut.

Dalam hal ini dukungan yang paling tepat adalah dukungan sosial keluarga. Dukungan sosial keluarga dapat berupa dukungan informasi, dukungan penilaian, dukungan instrumen, dan dukungan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat dukungan sosial keluarga terhadap anak down sindrom di YPAC Medan dengan menggunakan desain deskriptif. Sampel diambil dari keluarga yang memiliki anak down sindrom sebanyak 40 orang.

Cara pengambilan jumlah sampel menggunakan teknik Total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dukungan sosial keluarga tehadap anak down sindrom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mayoritas usia ibu yang melahirkan anak dengan down sindrom adalah antara usia 35-39 tahun dan 40-45 tahun (n=16, 40%), Pendidikan SMA (n=30, 75%), Pekerjaan ayah (n=20, 50%) PNS, sedangkan hampir semuanya (n=22, 55%) ibu tidak bekerja, penghasilan orang tua Rp 1000.000-3000.000 (n=17,42,5%),waktu keluarga bersama anak mayoritas setiap saat (n=26, 65%).

Hasil penelitian mengenai dukungan sosial keluarga menunjukkan bahwa sebagian besar (92,5%) keluarga memberikan dukungan sosial dengan sangat baik, dukungan informasi termasuk dalam kategori sangat baik (75%), dukungan penilaian sangat baik (75%), dukungan instrumen sangat baik (70%), dan dukungan emosional sangat baik(70%). Untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan judul penelitian ini disarankan untuk meneliti hubungan dukungan sosial keluarga terhadap anak down sindrom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar