Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan - Hubungan Tingkat Pendidikan Formal Ibu Dengan Pola Pengasuhan Balita Di Dusun X Medan Estate Tahun 2012

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan Tingkat Pendidikan Formal Ibu Dengan Pola Pengasuhan Balita Di Dusun X Medan Estate Tahun 2012. Pola asuh sangat mempengaruhi peran dan fungsi keluarga. Pengaruh keluarga dalam pembentukan dan perkembangan kepribadian anak sangat besar karena keluarga merupakan kelompok sosial yang pertama dimana anak dapat berinteraksi, tempat anak belajar, dan menyatakan dirinya sebagai makhluk sosial.Keluarga juga dapat memberikan dasar pembentukan tingkah laku, watak, moral, dan pendidikan kepada anak.

Tujuan Penelitian : untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan formal ibu dengan pola pengasuhan balita. Metodologi : Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 45 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengantotal sampling. Penelitian ini dilakukan di Dusun X Medan Estate.

Analisa data digunakan uji chi-square. Hasil : Dari hasil uji statistik pada 45 responden berdasarkan data demografi mayoritas terdapat pada usia 25-29 tahun sebanyak 19 orang (42,2%), berdasarkan agama memilih agama islam sebanyak 38 orang (84,4%), berdasarkan pekerjaan sebagai IRT sebanyak 27 orang (60%), berdasarkan pendidikan formal memilih pendidikan menengah sebanyak 21 orang (46,7%), berdasarkan pola pengasuhan memilih pola pengasuhan demokratis sebanyak 23 orang (51,1%).

Hasil uji statistik diperoleh ada hubungan yang signifikan pada tingkat pendidikan formal ibu dengan pola pengasuhan (nilai p= 0.027). Kesimpulan : dari hasil penelitian inidiharapkan bagi bidan atau tenaga kesehatan untuk lebih meningkatkan penyuluhan dan pemberian informasi tidak hanya dalam hal kesehatan ibu dan balitanya, namun juga tentang bagaimana cara orang tua mengasuh balitanya untuk menghadapi tumbuh kembangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar