Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Pengalaman Penggunaan Terapi Tradisional Oukup: Studi Fenomenologi

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengalaman Penggunaan Terapi Tradisional Oukup: Studi Fenomenologi. Pengobatan dan penyembuhan dengan sistem alternatif merupakan suatu upaya kesehatan yang berakar pada tradisi masyarakat dimana sistem pengobatannya berbeda jauh dengan sistem pengobatan dan penyembuhan ilmu kedokteran dari Barat. Salah satu dari pengobatan alternatif yang berkembang dari tradisi masyarakat adalah terapi air (hydrotheraphy).

Salah satu terapi air yang dikenal adalah mandi uap. Oukup adalah sauna tradisional suku Karo yang memanfaatkan keanekaragaman jenis tumbuhan sebagai ramuannya untuk kesehatan pasca melahirkan dan pengobatan berbagai jenis penyakit. Penelitian ini menggunakan desain fenomenologi yang bertujuan untuk menggali lebih dalam pengalaman penggunaan terapi tradisional oukup dalam meningkatkan kesehatan. Jumlah partisipan sebanyak enam orang yang dipilih secara purposive sampling .

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner data demografi dan wawancara mendalam dengan menggunakan alat perekam. Hasil penelitian dikelompokkan menjadi empat kategori yaitu, alasan penggunaan terapi oukup dilihat dari aspek kesehatan meliputi menjaga kesehatan dan mencari alternatif penyembuhan, sedangkan apabila dari aspek kepraktisan berhubungan dengan waktu pelaksanaan terapi yang dapat dilakukan kapan saja dengan waktu yang singkat; aktivitas dalam menjalani terapi oukup meliputi menggerak-gerakkan badan pada waktu menjalani terapi oukup dan setelah menjalani terapi ini, pengguna terapi oukup segera minum dan makan; efek terapi penggunaan terapi ini dibagi atas tiga, yaitu efek segera (meliputi melonggarkan pernapasan, mengeluarkan angin yang tidak bagus dari tubuh, berkeringat, rileks dan segar), efek jangka pendek (meliputi nyeri otot yang berkurang dan meningkatnya kualitas tidur) dan efek jangka panjang (meliputi menetralisir darah dalam tubuh setelah ibu melahirkan, membantu penyembuhkan beberapa penyakit dan meremajakan kulit); efek samping penggunaan terapi ini adalah lapar dan haus.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pengetahuan dan informasi bagi perawat dalam memberikan asuhan keperawatan tanpa mengabaikan aspek budaya. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar bagi penelitian selanjutnya mengenai pengaruh terapi tradisional oukup dalam penyembuhan penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar