Senin, 26 Agustus 2013

Skripsi Keperawatan – Tingkat Kecemasan dan Koping Ibu Hamil yang Berlatar belakang Pendidikan Medis dan Non medis dalam Menghadapi Persalinan di Kota Pematang Siantar

Download Kumpulan Skripsi Keperawatan Lengkap – Tingkat Kecemasan dan Koping Ibu Hamil yang Berlatar belakang Pendidikan Medis dan Non medis dalam Menghadapi Persalinan di Kota Pematang Siantar. Kecemasan adalah respon emosional terhadap penilaian yang menggambarkan keadaan kebingungan, ke kwatiran pada sesuatu yang akan terjadi dengan penyebab yang tidak jelas dan dihubungkan dengan perasaan tidak menentu dan tidak berdaya.

Kecemasan ini meningkat pada saat menghadapi persalinan yaitu banyangan mengenai seperti apakah bayi yang lahir ini sehat atau tidak, banyangan akan rasa nyeri pada persalinan. Saat kecemasan meningkat individu akan mengadopsi teknik tertentu sebagai koping terhadap peristiwa yang sedang dialaminya.

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kecemasan dan koping ibu hamil yang berlatar belakang pendidikan medis dan non medis dalam menghadapi persalinan. Jumlah responden seluruhnya 60 0rang yang terdiri dari 30 0rang responden yang berlatar belakang pendidikan medis dan 30 orang responden yang berlatar belakang pendidikan non medis yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.

Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan yang terjadi pada ibu hamil yang berlatar belakang pendidikan medis 60% cemas berat dan koping yang diadopsi adalah adaptif, dan tingkat kecemasan ibu hamil yang berlatar belakang pendidikan non medis 56,67% cemas sedang dan koping yang diadopsi adalah adaptif tetapi ada juga maladaptif. Hasil penelitian ini disarankan kepada tenaga kesehatan agar memberikan informasi kepada ibu hamil cara mengantisipasi kecemasan apabila muncul dalam menghadapi persalinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar