Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Efektifitas pelatihan perawatan kolostomi terhadap perilaku orang tua yang memiliki anak dengan kolostomi di RB2 anak RSUP H. Adam Malik Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Efektifitas pelatihan perawatan kolostomi terhadap perilaku orang tua yang memiliki anak dengan kolostomi di RB2 anak RSUP H. Adam Malik Medan. Kolostomi merupakan membuat ostomi di kolon, dibentuk bila usus tersumbat oleh tumor. Kolostomi bisa memberi kesempatan pada pasien untuk beraktivitas layaknya manusia normal.

Dalam merawat pasien kolostomi membutuhkan ketelitian kebersihan dan kesiapan yang baik karena jika tidak maka akan menimbulkan komplikasi infeksi yang mengakibatkan penyembuhan menjadi lama bahkan bertambah parah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelatihan perawatan kolostomi terhadap perilaku orang tua yang memiliki anak dengan kolostomi di ruang bedah anak RSUP H. Adam Malik Medan.

Penelitian ini dilakukan di RSUP H. Adam Malik Medan, dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2010. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling terhadap 12 orang tua yang mempunyai anak yang mengalami kolostomi di ruangan Rindu B2 bedah anak RSUP H.Adam Malik Medan. Analisis yang digunakan adalah t-dependen. Perilaku terdiri dari 3 domain yaitu pengetahuan, sikap dan tindakan. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh pelatihan pada orang tua.

Pada pengetahuan diperoleh nilai P = 0,035 (P < 0,05) ada pengaruh pelatihan perawatan kolostomi terhadap pengetahuan orang tua. Pada sikap diperoleh nilai P = 0,014 (P < 0,05) menunjukan ada pengaruh pelatihan perawatan kolostomi terhadap sikap orang tua. Dan pada tindakan diperoleh nilai P = 0,000 (P < 0,05) menunjukan ada pengaruh pelatihan kolostomi terhadap tindakan orang tua. Untuk itu disarankan pada perawat agar dapat meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan keperawatan yang salah satunya mencakup pemberian pelatihan perawatan kolostomi pada orang tua yang anaknya dirawat di rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar