Minggu, 13 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Campak Pada Bayi di Puskesmas Padang Bulan Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Campak Pada Bayi di Puskesmas Padang Bulan Medan. Penyakit campak di Indonesia saat ini masih merupakan masalah kesehatan yang masih perlu ditangani, karena kasus campak masih tinggi dan hampir di semua daerah masih terdapat kejadian luar biasa. Indonesia berkomitmen menurunkan angka kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi diantaranya penyakit campak hingga 90% pada tahun 2010 dibandingkan dengan tahun 2000.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan ibu tentang imunisasi campak pada bayi di Puskesmas Padang Bulan Medan. Sampel yang diteliti sebanyak 95 responden dengan teknik pengambilan sampel secara convenience sampling yaitu subjek dijadikan sampel yang kebetulan dijumpai di tempat dan waktu penelitian.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan tinjauan pustaka, yang terdiri dari dua bagian yaitu kuesioner data demografi dan kuesioner pengetahuan ibu tentang imunisasi campak pada bayi di Puskesmas Padang Bulan Medan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi campak pada bayi mayoritas responden memiliki tingkat pengetahuan dalam kategori baik sebanyak 54 responden (56,8%), diikuti dengan tingkat pengetahuan dalam kategori cukup sebanyak 35 responden (36,8%), dan yang terkecil ibu dengan tingkat pengetahuan dalam kategori kurang sebanyak 6 responden (6,3%).

Untuk Puskesmas Padang Bulan perlu mempetahankan dan meningkatkan cakupan imunisasi, bukan hanya imunisasi campak saja tapi juga imunisasi yang lain. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan meneliti bagaimana tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi yang lain seperti imunisasi polio, BCG, DPT dan hepatitis di Puskesmas Padang Bulan Medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar