Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Faktor-faktor Penyebab Tingginya Pertolongan Persalinan oleh Tenaga Non Kesehatan (dukun) di Kecamatan Sumay Desa Teluk Singkawang Kabupaten Tebo, Jambi.

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Faktor-faktor Penyebab Tingginya Pertolongan Persalinan oleh Tenaga Non Kesehatan (dukun) di Kecamatan Sumay Desa Teluk Singkawang Kabupaten Tebo, Jambi. Penyebab tingginya Angka Kematian Ibu di Indonesia (AKI) salah satunya adalah pertolongan persalinan oleh tenaga tidak terampil (dukun). SDKI (Survei Demografi Kesehatan Indonesia) tahun 1997 sebanyak 54% persalinan masih ditolong oleh dukun bayi (Nurhayati, 2008). Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab tingginya pertolongan persalinan oleh tenaga non kesehatan (dukun) di Kecamatan Sumay Desa Teluk Singkawang Kabupaten Tebo Jambi. Jenis penelitian deskriptif.

Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling. Sampel penelitian 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan pengolahan data dilakukan dengan program statistik dalam bentuk tabel distribusi ,frekuensi dan persentase. Hasil penelitian mayoritas responden pendidikan SD yaitu 23 orang (76,6%), suku bangsa melayu yaitu 22 orang (73,3%), dan pekerjaan IRT (ibu rumah tangga) yaitu 21 orang (70,0%).

Hasil penelitian didapat faktor-faktor penyebab tingginya pertolongan persalinan oleh tenaga non kesehatan (dukun) di Kecamatan Sumay Desa Teluk Singkawang Kabupaten Tebo Jambi tahun 2010 berdasarkan faktor dukungan keluarga 30 orang (100%), faktor tenaga kesehatan 28 0rang (93,3%), faktor pengetahuan 29 orang (96,7%), faktor ekonomi 26 orang (86,7%), faktor budaya 30 orang (100%), faktor geografis 20 orang (66,7%) dan faktor pendidikan 23 orang (76,6%).

Disarankan agar petugas kesehatan memberikan informasi dan penyuluhan kepada ibu-ibu tentang resiko yang terjadi bila persalinan ditolong oleh tenaga non kesehatan (dukun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar