Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pengaruh Senam Otak Terhadap Peningkatan Daya Ingat Lansia Di Panti Werdha Karya Kasih Mongonsidi Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh Senam Otak Terhadap Peningkatan Daya Ingat Lansia Di Panti Werdha Karya Kasih Mongonsidi Medan. Seiring penuaan selain terjadi penurunan fungsi fisik, umumnya terjadi kemunduran daya ingat dan kecerdasan. Akibatnya, proses berpikir menjadi lamban, sulit konsentrasi, dan kemampuan daya ingat menurun.

Pada lansia, penurunan kemampuan otak dan tubuh membuat tubuh mudah jatuh sakit, pikun, frustrasi. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan terus menstimulasi otak. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh senam otak terhadap peningkatan daya ingat lansia di Panti Werdha Karya Kasih Mongonsidi Medan.

Desain penelitian dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan keseluruhan responden terdiri dari kelompok intervensi. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 9 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner Mini Mental State Examination (MMSE). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden dengan jenis kelamin terbanyak adalah perempuan (88,9%). Responden berada pada rentang usia 65–80 tahun.

Sebagian besar responden memiliki pendidikan terakhir pada tingkat Sekolah Dasar (33,3%) dengan suku bangsa terbanyak adalah Cina (77,8%). Responden pada penelitian ini sebagian besar menderita penyakit hipertensi (55,6%) dengan lama menderita penyakit selama 1–5 tahun terakhir (44,4%). Dan dari 9 orang responden yang menderita penyakit tertentu, sebanyak 7 orang responden masih menjalani pengobatan yang intensif.

Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired t-tes untuk membandingkan daya ingat responden sebelum dan sesudah dilakukan senam otak. Berdasarkan hasil analisa data uji paired t-test diketahui bahwa responden yang mengikuti kegiatan senam otak mengalami peningkatan daya ingat yang signifikan, nilai p=0,005 (p<0,05). Dengan demikian dapat dibuat kesimpulan bahwa ada pengaruh senam otak terhadap peningkatan daya ingat lansia.

Dari hasil penelitian terbukti bahwa hipotesa alternatif (Ha) diterima, yaitu ada pengaruh senam otak terhadap peningkatan daya ingat lansia di Panti Werdha Karya Kasih Mongonsidi Medan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah agar responden dibagi ke dalam kelompok intervensi dan kelompok kontrol agar dapat diketahui perbandingan pengaruh senam otak tersebut pada kelompok yang dilakukan intervensi.

Selain itu, responden yang diambil sebagai sampel penelitian adalah lansia yang mengalami dimensia dan kerusakan ingatan berat agar dapat diidentifikasi sejauh mana senam otak ini mampu meningkatkan daya ingat pada lansia yang mengalami dimensia dan kerusakan ingatan berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar