Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam menghadapi Menarche di SMP Negeri 1 Medan Tahun 2010

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam menghadapi Menarche di SMP Negeri 1 Medan Tahun 2010. Perubahan pada masa remaja ini bukan hanya dalam artian psikologis tetapi juga fisik. Bahkan perubahan tersebut merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja, sedangkan perubahan psikologis muncul sebagai akibat dari perubahan fisik itu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan dan sikap remaja putri dalam menghadapi (menarche) di SMP Negeri 1 Medan tahun 2010. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan besar sampel sebanyak 188 orang dengan metode pengambilan sampel random sampling.

Penelitian dilakukan pada Januari 2010 sampai Juni 2010. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner yang meliputi data demografi, pertanyaan pengetahuan dan penyataan sikap saat menghadapi menarche. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan mayoritas remaja putri mendukung dari segi medis dalam menghadapi menarche sebanyak 183 orang (97,3 %), mayoritas remaja putri mendukung dari segi kebersihan vagina dalam menghadapi menarche sebanyak 113 orang (60,1 %), mayoritas remaja putri mendukung dari segi psikologi dalam menghadapi menarche sebanyak 169 orang (89,9 %), mayoritas remaja putri mendukung dari segi sumber informasi dalam menghadapi menarche sebanyak 95 orang (50,5 %), mayoritas remaja putri mendukung dari segi peran ibu dalam menghadapi menarche sebanyak 178 orang (94,7 %). Dari sikap responden mayoritas remaja putri mendukung dari segi medis dalam menghadapi menarche sebanyak 184 orang (97,9 %), mayoritas remaja putri tidak mendukung dari segi kebersihan vagina dalam menghadapi menarche sebanyak 96 orang (51,1 %), mayoritas remaja putri mendukung dari segi psikologi dalam menghadapi menarche sebanyak 130 orang (69,1 %), mayoritas remaja putri mendukung dari segi sumber informasi dalam menghadapi menarche sebanyak 130 orang (69,1 %), mayoritas remaja putri mendukung dari segi peran ibu dalam menghadapi menarche sebanyak 116 orang (61,7 %).

Diharapkan tenaga kesehatan lebih meningkatkan pemahaman dan informasi mengenai menarche melalui penyuluhan-penyuluhan yang dilakukan di seluruh sekolah sehingga remaja memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang menarche.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar