Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pengaruh Kemampuan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Malahayati Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh Kemampuan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Malahayati Medan. Upaya pengembangan perawat sebagai tenaga profesional dapat dilakukan dengan cara pembinaan secara berkesinambungan. Supervisi adalah salah satu fungsi manajerial yang harus dijalankan oleh kepala ruangan.

Supervisi yang tepat akan membantu pihak manajemen rumah sakit untuk meningkatkan kinerja perawat pelaksana khususnya dalam melakukan pekerjaannya sesuai dengan uraian tugas perawat pelaksana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan supervisi kepala ruangan mempengaruhi kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Malahayati Medan pada tahun 2010. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain One-Group Pra-test-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik totally sampling sebanyak 58 orang perawat pelaksana serta kepala ruangan sebanyak 6 orang yang telah diintervensi melalui pelatihan supervisi. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan supervisi kepala ruangan sebelum pelatihan 93,10% baik dan sesudah pelatihan 100% baik. Kinerja perawat pelaksana sebelum dan sesudah pelatihan sesuai dengan Uraian Tugas Tenaga Perawatan di rumah Sakit 100% baik.

Terdapat perbedaan kemampuan supervisi sebelum dan sesudah pelatihan supervisi secara keseluruhan (p = 0,015), terdapat perbedaan kinerja perawat pelaksana sebelum dan sesudah pelatihan supervisi (p = 0,000). Rumah Sakit Islam Malahayati Medan masih perlu meningkatkan kemampuan supervisi kepala ruangan. Oleh karena itu, pada penelitian selanjutnya, sebaiknya dilakukan observasi langsung mengenai pelaksanaan supervisi sebagai upaya peningkatan kinerja perawat pelaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar