Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Gambaran Ketajaman Penglihatan Pasien Diabetes Melitus Di RSUP H. Adam Malik Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Gambaran Ketajaman Penglihatan Pasien Diabetes Melitus Di RSUP H. Adam Malik Medan. Diabetes Melitus adalah keadaan hiperglikemik kronik yang disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal yang menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada mata, ginjal, saraf, dan pembuluh darah disertai lesi pada membran basalis.

Salah satu komplikasi pada mata adalah retinopati diabetik. Retinopati diabetik merupakan penyebab kebutaan yang utama pada kelompok usia 24-74 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketajaman penglihatan pada pasien DM. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 65 orang.

Sampel yang diambil adalah pasien DM yang berkunjung ke Poliklinik Penyakit Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Dalam RSUP H. Adam Malik Medan pada bulan September-Oktober 2010. Beberapa pertanyaan yang diajukan pada pasien DM adalah lama menderita DM, usia, tingkat pendidikan, dan pekerjaan.

Pengukuran ketajaman penglihatan dilakukan dengan menggunakan kartu Snellen. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sekitar 30,7% dari jumlah sampel yang diukur ketajaman penglihatannya dikategorikan ke dalam penglihatan rendah berdasarkan klasifikasi WHO (2010). Hal ini sejalan dengan teori yang mengatakan bahwa manifestasi penyakit DM tersering, yaitu retinopati diabetik, dapat menyebabkan terjadinya penurunan ketajaman penglihatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar