Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Efektivitas Massase Uterus terhadap Penurunan Tinggi Fundus Uteri pada Kala IV Persalinan di Klinik Bersalin Mariani - Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Efektivitas Massase Uterus terhadap Penurunan Tinggi Fundus Uteri pada Kala IV Persalinan di Klinik Bersalin Mariani - Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh massase uterus terhadap penurunan tinggi fundus uteri pada kala IV persalinan di klinik bersalin Mariani-Medan. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah quasi-eksperiment.

Besar sampel ditentukan berdasarkan tabel power analysis dengan jumlah sampel minimal 13 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria ibu bersalin secara pervaginam yang tidak mengalami komplikasi, kontraksi uterus lemah, tidak mengalami perdarahan, sedang berada pada kala IV (kala pengawasan) dan bersedia dilakukan intervensi massase uterus dengan sukarela. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner data demografi dan lembar observasi hasil pengukuran tinggi fudus uteri dalam satuan millimeter.

Pengumpulan data dilakukan selama tiga bulan, yaitu Januari hingga Maret 2010. Hasil pengumpulan data diuji menggunakan uji paired t-tes yang digunakan untuk membandingkan tinggi fundus uteri sebelum dan setelah dilakukan intervensi massase uterus. Berdasarkan hasil analisa data uji paired t-test diketahui bahwa tinggi fundus uteri mengalami penurunan yang signifikan yaitu sekitar 1.25-3 millimeter dengan nilai p=0.000 (p<0,05).

Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh perawat dalam melakukan asuhan keperawatan kala IV pada ibu-ibu bersalin pervaginam. Perawat sebaiknya melakukan tindakan massase uterus selama kala IV untuk membantu kontraksi uterus tetap baik sehingga mempercepat penurunan tinggi fundus uteri selama kala IV dan proses involusi uteri berlangsung dengan baik dan ibu cepat sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar