Minggu, 13 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Karakteristik Perawatan Lansia Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Gizi di Panti Werdha Tresna Abdi Dharma Asih Binjai

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Karakteristik Perawatan Lansia Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Gizi di Panti Werdha Tresna Abdi Dharma Asih Binjai. Lanjut usia atau usia tua merupakan suatu periode penutup dalam rentang hidup seseorang, yaitu periode seseorang telah beranjak jauh dari periode terdahulu yang lebih menyenangkan, atau beranjak dari waktu yang penuh bermanfaat. Merawat lansia tidak hanya terbatas pada perawatan kesehatan fisik saja namun juga pada faktor psikologis dan sosiologis.

Perlu diingat bahwa kualitas hidup lansia terus menurun seiring dengan semakin bertambahnya usia. Penurunan kapasitas mental, perubahan peran sosial, dementia (kepikunan). Desain penelitian ini yaitu deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik perawatan lansia terhadap pemenuhan kebutuhan gizi di Panti Werdha Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini yaitu 160 orang dan jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 48 responden.

Penelitian ini dilakukan di Panti Werdha Sumatera Utara, pada tanggal 05 Juli 2010 sampai 12 Juli 2010. Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel ialah purvosif sampling. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner dengan menggunakan skala likert. Nilai Reliabilitas yang didapat dari penelitian ini yaitu 0.877.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 48 responden, mayoritas lansia memiliki karakteristik baik dengan jumlah 27 orang (56,3%), karakteristik cukup berjumlah 18 orang (37,5%), dan yang memilikai karakteristik tidak baik berjumlah 3 orang (6,3%). Penelitian ini di harapkan dapat menjadi bahan masukan dalam meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang keperawatan khususnya bagi pelayanan keperawatan, pendidikan keperawatan dan peneliti berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar