Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) di Lingkungan Linggarjati Pematangsiantar.

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) di Lingkungan Linggarjati Pematangsiantar. Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) adalah suatu cara yang efektif untuk mendeteksi sedini mungkin timbulnya benjolan pada payudara, sebenarnya dapat diketahui secara cepat dengan pemeriksaan sendiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan dan sikap ibu dalam melakukan SADARI di Lingkungan Linggarjati Pematangsiantar dengan menggunakan desain deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang berada di Lingkungan Linggarjati Pematangsiantar sebanyak 80 orang dan sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 15 sampai dengan 30 juli 2010.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengisian kuesioner yang terdiri dari 3 bagian yaitu: data demografi, pengetahuan ibu dalam melakukan SADARI, dan sikap ibu dalam melakukan SADARI. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengetahuan ibu yang baik (20%), pengetahuan ibu yang sedang (31,25%) dan pengetahuan ibu yang kurang (48,75%). Sedangkan untuk sikap ibu yang positif (43,75%) dan sikap ibu yang negatif (56,25%).

Untuk itu petugas kesehatan di Kelurahan Merdeka Pematangsiantar hendaknya memberikan pendidikan kesehatan tentang pentingnya dilakukan SADARI untuk membantu ibu mengetahui tentang SADARI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar