Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Efektivitas Akupresur terhadap Penurunan Mual dan Muntah pada Ibu Hamil Trimester Pertama Kehamilan di Kelurahan Jati Karya Kota Binjai

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Efektivitas Akupresur terhadap Penurunan Mual dan Muntah pada Ibu Hamil Trimester Pertama Kehamilan di Kelurahan Jati Karya Kota Binjai. Mual muntah selama kehamilan merupakan hal yang bersifat subjektif. Hal ini menyebabkan dampak mual dan muntah yang terjadi berbeda antara satu wanita dengan lainnya. Salah satu metode non farmakologi yang ditawarkan untuk mengatasi mual dan muntah selama kehamilan adalah akupresur yang dilakukan pada titik perikardium 6. Akupresur merupakan salah satu teknik yang dipergunakan dalam pengobatan tradisional China yang bermanfaat untuk mengurangi mual muntah selama kehamilan dengan cara mengeluarkan endorphin, sesuai dengan teori neurotransmitter.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas akupresur terhadap penurunan mual dan muntah pada ibu hamil trimester pertama di Kelurahan Jati Karya Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment dengan teknik total sampling pada 11 responden yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2010. Seluruh responden diajarkan tindakan akupresur yang dilakukan secara teratur selama 30 detik hingga dua menit tiap kali mual muncul selama 2 hari berturut-turut.

Sebelum dan setelah tindakan akupresur dilakukan pengukuran frekuensi mual dan muntah, durasi mual dan muntah juga intensitas mual dan muntah. Rentang waktu dalam pengukuran indikator tersebut adalah sekitar ±24 jam.

Selanjutnya data ini dianalisa dengan uji statistik deskriptif dan inferensial. Hasil uji analisa data dengan paired sample t-test dan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan frekuensi mual dan muntah, durasi dan intensitas mual dan muntah sebelum dan sesudah dilakukan tindakan akupresur (frekuensi mual : p=0.000, frekuensi muntah : p=0.001, durasi mual : p=0.026, durasi muntah : p=0.011, intensitas mual : p=0.011 dan intensitas muntah : p=0.007).

Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa akupresur efektif terhadap penurunan mual dan muntah pada ibu hamil trimester pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar