Minggu, 13 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Suami tentang Perawatan Kehamilan dengan Partisipasi Suami dalam Perawatan Kehamilan di Klinik Bersalin Mariani Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Suami tentang Perawatan Kehamilan dengan Partisipasi Suami dalam Perawatan Kehamilan di Klinik Bersalin Mariani Medan. Partisipasi yang diberikan suami dalam perawatan kehamilan akan mendukung kehamilan dan persalinan yang aman. Namun pada umumnya keterlibatan suami dalam perawatan kehamilan masih rendah.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah tingkat pengetahuan suami itu sendiri tentang perawatan kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat pengetahuan suami tentang perawatan kehamilan dengan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan di Klinik Bersalin Mariani Medan dengan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah suami yang mengantarkan istrinya periksa hamil ke Klinik Bersalin Mariani Medan.

Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling dengan jumlah sampel 40 orang. Untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat pengetahuan suami tentang perawatan kehamilan dengan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan, digunakan uji spearman.

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tingkat pengetahuan suami tentang perawatan kehamilan dengan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan di Klinik Bersalin Mariani Medan dengan kekuatan korelasi (r) = 0,418 dan tingkat signifikansi (p) = 0,007 yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang bermakna antara tingkat pengetahuan suami tentang perawatan kehamilan dengan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan (p value < 0,05).

Oleh karena itu perlu direkomendasikan untuk mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan suami tentang perawatan kehamilan sehingga dapat meningkatkan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan istrinya sebagai orang yang terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar