Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pengaruh bladder retention training terhadap kemampuan mandiri berkemih pada anak Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh bladder retention training terhadap kemampuan mandiri berkemih pada anak Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan. Bladder training adalah salah satu upaya untuk mengembalikan fungsi kandung kemih yang mengalami gangguan ke keadaan normal atau ke fungsi optimal neurogenik. Bladder training merupakan salah satu terapi yang efektif di antara terapi nonfarmakologi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pengaruh bladder retention training terhadap kemampuan mandiri berkemih pada anak di RSUP H. Adam Malik Medan. Tindakan pemasangan kateter membantu pasien yang tidak mampu mengontrol perkemihan atau pasien yang mengalami obstruksi Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pre test dan post test.

Besar sampel 20 anak yang di rawat inap di RSUP H. Adam Malik Medan, dimana 10 anak kelompok intervensi dan 10 anak kelompok kontrol. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisa data yang digunakan yakni uji t-test yaitu dependen t-test dan independen t-test.

Hasil analisis data dependen t-test pada kelompok intervensi disimpulkan ada pengaruh bladder retentation training terhadap kemampuan mandiri berkemih pada anak sebelum dan sesudah dilakukan intervensi pada kelompok intervensi (nilai P = 0,000) dan pada kelompok kontrol disimpulkan ada pengaruh bladder retention training terhadap kemampuan mandiri berkemih pada kelompok kontrol (nilai P = 0,007).

Sedangkan pada independen t-test hasil uji statistik disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol (nilai P = 0,918). Untuk itu disarankan pada perawat agar dapat melakukan intervensi bladder training pada anak yang menggunakan kateter dalam melatih kemampuan mandiri berkemih anak di RSUP. H. Adam Malik Medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar