Sabtu, 12 Oktober 2013

Skripsi Keperawatan Pengaruh Sosial Budaya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Gizi Ibu Menyusui di Desa Gunung Tinggi Kecamatan Pancur Batu.

Download Kumpulan Proposal dan Skripsi Keperawatan Lengkap – Pengaruh Sosial Budaya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Gizi Ibu Menyusui di Desa Gunung Tinggi Kecamatan Pancur Batu. Menyusui adalah proses pemberian ASI pada bayi oleh ibu dan merupakan kondisi yang alamiah yang dialami oleh wanita setelah melahirkan. Namun angka pemberian ASI di Indonesia masih rendah.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidak dapat menyusui bayinya, salah satunya karena ASI yang tidak mencukupi. Produksi ASI juga sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Pemenuhan gizi pada masyarakat Indonesia juga masih banyak dipengaruhi oleh faktor sosial budaya. Sosial budaya yang baik akan memberikan pengaruh yang baik pula terhadap pemenuhan kebutuhan gizi selama menyusui.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial budaya terhadap pemenuhan kebutuhan gizi ibu menyusui di desa Gunung Tinggi kecamatan Pancur Batu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain deskriptif korelasi dan dilaksanakan mulai tanggal 15 – 22 Maret 2010 di Desa Gunung Tinggi dan dianalisa dengan korelasi Pearson. Melalui teknik totally sampling diperoleh sampel sebanyak 37 orang ibu menyusui. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan disajikan dalam analisa univariat dan bivariat.

Hasil analisa data menunjukkan sosial budaya ibu menyusui di desa Gunung Tinggi kecamatan Pancur batu 100% baik dan pemenuhan kebutuhan gizi ibu menyusui 86,5% baik. Hasil analisa menunjukkan ada pengaruh sosial budaya terhadap pemenuhan kebutuhan gizi ibu menyusui di desa Gunung Tinggi kecamatan Pancur Batu (r = 0,351, p = 0,033).

Perawat diharapkan dapat lebih memperhatikan sosial budaya masyarakat yang dapat mempengaruhi kebutuhan masyarakat khusunya ibu menyusui baik itu yang memberikan dampak buruk maupun yang berdampak baik, sehingga perawat dapat memberikan intervensi yang tepat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya ibu menyusui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar